Saatnya Memulai Bisnis, Tak Perlu Tunggu Sampai Kepepet

Bisnis identik dengan jual menjual barang atau jasa. Memang benar, tetapi agar bisnis yang dikelola bisa berkelanjutan, pastinya ada berbagai upaya yang harus digencarkan, yang tak semata-mata jualan. Sebagai contoh memberikan edukasi produk, pelayanan pelanggan, dan lain sebagainya. Kamu ingin memulai bisnis, tapi masih bingung cara memulainya?

Punya Penghasilan Lebih Dini

Memiliki penghasilan sendiri pastinya kebanggaan tersendiri. Apalagi bagi kamu yang masih tergolong muda. Dengan begitu, kamu bisa lebih mandiri secara finansial lebih dini. Tentunya, harus membagi waktu secara tepat, agar aktivitas belajar di sekolah atau kampus tidak sampai terbengkalai.

Ada banyak peluang di sekitar kamu, yang bisa menjadi ladang bisnis menggiurkan. Yang mungkin saja tidak terlihat bagi kebanyakan orang. Kalau kamu punya keahlian khusus, tentunya bisa ditawarkan kepada orang lain. Sehingga nantinya kamu mendapatkan imbalan atas barang atau jasa yang kamu berikan.

Sebagai contoh, kamu memiliki keahlian bahasa Mandarin. Maka bisa mengembangkannya dengan memberikan les atau privat. Bahkan bisa berkembang juga dengan membuat paket wisata, yang banyak ditemukan turis asal Tiongkok. Dengan begitu, siswa didik kamu bisa melakukan percakapan langsung dengan native speaker bahasa tersebut.

Bisnis juga bisa lahir atas permasalahan orang lain. Ruangan kos biasanya tidak terlalu lebar, karena itu dibutuhkan perabotan yang minimalis dan sangat fungsional. Sebagai contoh, rak buku, meja komputer atau laptop, lemari pakaian dan sebagainya. Nah, kalau kamu memiliki keahlian dalam membuat perabotan atau meubel, maka bisa membuat perabotan kamar yang fungsional.

Muda dan Berdikari, Kamukah Itu?

Tentunya masih banyak sekali berbagai contoh peluang usaha, yang bisa mendatangkan rupiah ke kantong kamu. Bahkan bila dikelola dengan baik, bisa berkembang menjadi bisnis yang besar. Sehingga tidak hanya bisa sebagai penghasilan tambahan semata. Tapi bisa sekaligus membuka lapangan kerja bagi banyak orang.

Kalau bisnis berkembang pesat, dan memiliki banyak karyawan, sudah pastinya kamu bisa menjadi saluran rezeki bagi banyak orang. Belum lagi nantinya, kalau banyak orang juga yang ingin menjadi mitra bisnis, seperti menjadi pemasok atau suplier material tertentu, reseller, dan sebagainya. Semakin banyak orang yang akan mendapatkan penghasilan dari bisnis yang kamu kembangkan.

Nah, dengan berbagai pencapaian keberhasilan kamu atas bisnis yang digeluti, pastinya kamu sudah bisa berdikari atau berdiri di kaki sendiri. Dengan adanya penghasilan dari hasil keringat sendiri, tanpa harus selalu meminta kepada orang tua. 

Bahkan kamu bisa menyisihkan penghasilan untuk diberikan kepada orang tua. Apalagi bisa sampai membantu banyak saudara dan banyak orang. Pasti kamu juga ingin seperti itu, bukan?

Masih Bingung Mau Bisnis Apa?

Kamu merasa tidak mempunyai kemampuan yang bisa dijual kepada orang lain? Jangan khawatir! Karena berbagai peluang pasti ada, bagi yang benar-benar mau berusaha. Menjual barang milik orang lain atau dikenal dengan reseller bisa menjadi salah satu alternatifnya. Tapi, agar bisa menikmati hasil yang lebih memuaskan, pastinya jangan sembaragan memilih produknya.

Akan lebih baik kalau barang atau jasa yang kamu pasarkan sudah kamu gunakan. Sebagai contoh, kamu akan menjual produk dompet kulit. Maka akan lebih bagus bila kamu sudah memilikinya. Jadi bisa lebih mengetahui spesifikasi produk, kelebihan dan kelemahannya. Dengan begitu, kamu lebih percaya diri saat menawarkannya kepada calon konsumen.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis?

Pembahasan ini tentunya harus spesifik, sangat tergantung dari produk yang ingin dipasarkan. Kamu harus menentukan terlebih dahulu, bisnis apa yang ingin dikembangkan. Kemudian sambil jalan harus sembari mempelajari berbagai hal terkait produk bisnisnya. Termasuk juga memantau para pesaing atau kompetitor bisnis, dan juga jeli melihat keinginan target pasar.

Belajar dan terus belajar harus selalu dilakukan. Agar keilmuan dan kemampuan terus berkembang. Berbagai inovasi produk, marketing dan sebagainya harus diterapkan. Agar kamu tetap bisa menjaga loyalitas pelanggan, dan tetap mampu bersaing secara sehat dengan kompetitor.

Memulai Bisnis Secara Online

Nah, sekarang ini jual beli melalui internet semakin digemari masyarakat. Trennya selalu meningkat di setiap waktu. Kamu bisa mengandalkan media ini sebagai penunjang bisnis. Selain lebih murah kebutuhan biaya operasionalnya, masih banyak lagi keunggulan yang bisa didapatkan dari berbisnis secara online. Seperti jangkauan pasar yang lebih luas, banyak media promosi gratis yang bisa digunakan, dan lain sebagainya.

Sebagai langkah awal memulai bisnis, kamu bisa menggunakan media online tak berbayar, seperti marketplace atau pasar online (contohnya, Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dan Qlapa), media sosial (contohnya, Instagram, Facebook, dan Twitter), blog (contohnya, blogger, wordpress), dan sebagainya.

Untuk bisa mengakses berbagai media online tersebut, kamu bahkan tidak harus menggunakan komputer desktop atau laptop. Karena bisa juga hanya dengan mengandalkan smartphone, yang sebagain besar kaum muda sudah memilikinya. Bahkan bisa lebih dari satu gadget yang dimilikinya. Perangkat tersebut sudah bisa dijadikan modal dalam memulai bisnis online.

Bisnis Online Itu Mudah?

Menjalankan bisnis secara offline (konvensional) atau pun online tentunya memerlukan pengetahuan dan pengalaman. Pengetahuan itu bisa seperti pemahaman terhadap produk, strategi pemasaran, cara pelayanan konsumen, dan sebagainya. Sedangkan pengalaman bisa berkaitan dengan pengalaman menggunakan produk, dan pengalaman dalam berbisnis.

Kalau masih sangat baru dalam dunia bisnis online, maka mulailah dengan mempelajari berbagai hal penting sebelum memulainya. Tenang saja, semuanya bisa dilakukan berbarengan dengan menjalankan bisnisnya. Jadi istilahnya “learning by doing”. Belajar sambil melakukan. Kalau kamu memiliki anggaran lebih, bisa mengikuti seminar bisnis, yang sangat sering digelar di berbagai kota.

Sudah Siap untuk Memulai Bisnis?

Jangan tunggu sampai kepepet untuk memulai bisnis. Ada baiknya kembangkan mulai sekarang juga, selagi masih mudah. Selagi masih banyak waktu untuk mempelajari berbagai hal, dan melakukan banyak aktivitas. Dari berbagai pengalaman yang dijalani, nantinya akan memberikan pemahaman tersendiri bagi kamu tentang bisnis yang benar.

Menempuh pendidikan formal memang sangat penting, dan itu tetap harus menjadi fokus para kaum muda. Tetapi sebaiknya kamu juga mengisi berbagai aktivitas, yang mendukung masa depan. Salah satunya membangun bisnis sejak dini.

Sangat banyak daftar pengangguran, bahkan dengan tingkat pendidikan tinggi. Kalau pun bisa mendapatkan pekerjaan, terkadang tidak sesuai bidangnya atau tidak mendapatkan penghasilan yang semestinya.

Ya, keputusan ada di tangan kamu. Memulai mencari penghasilan sendiri mulai sekarang, atau menunggu hingga kamu memiliki gelar akademik tertentu. Cermati peluang bisnis di sekitarmu, dan kembangkan agar terus besar. Sehingga bisa menjadi pencapaian penting dalam hidup, dan bahkan menjadi ladang penghasilan prioritas untuk masa depan.

Bila ingin menjadi reseller atau dropshipper produk kerajinan kulit custom bisa bermitra dengan Deiye Craft. Kontak adminnya melalui 0896-7408-7899 (Call/SMS/WA), supaya kamu bisa memperoleh penjelasan lebih detail mengenai peluang dan potensi bisnisnya.
Selamat Berkarya...