Pusing Omset Bisnis Tak Beranjak Naik? Tips Ciptakan Pelanggan Setia Ini Kuncinya

Kesuksesan sebuah bisnis sangat ditentukan banyak tidaknya jumlah omset penjualannya. Karena itu, pebisnis harus bisa memastikan pertambahan jumlah konsumen atau pelanggannya. Menggaet dan mempertahankan pelanggan bukanlah perkara mudah. Tetapi berbagai kiat bisa diaplikasikan, supaya bisa mewujudkan harapan tersebut. Nah, apa sajakah berbagai tindakan tepat yang dapat dilakukan, agar pelanggan bisnis terus meningkat secara signifikan?

Memberikan Deskripsi Produk Secara Detail

Selain menampilkan foto produk dari berbagai bagian, sangatlah penting untuk menyajikan penjelasan atau deskripsi produk secara mendetail. Hal itu bertujuan agar calon pembeli bisa memahami produk yang akan dibelinya. Mulai dari bahan atau material yang digunakan, ukuran, pilihan warna, dan lain sebagainya.

Sangat tepat juga kalau disampaikan pula cara penggunaan, cara perawatan, dan lain sebagainya. Sehingga produk yang digunakan tetap awet, dan tidak berbahaya bagi penggunanya. Dengan informasi yang relatif lengkap, maka bisa menjadi edukasi berguna bagi konsumen. Selain itu, bisa menghindari berbagai pertanyaan umum, yang biasanya dilontarkan oleh calon pembeli.

Jangan lupa untuk menjelaskan cara membeli produknya. Apalagi kalau produk tersebut bisa dikostuminasi. Kamu harus menjelaskan apa saja bagian yang bisa dibuat secara custom, lamanya waktu pengerjaan, harga, dan sebagainya. Intinya semakin lengkap penjelasannya, semakin bagus pula untuk menghasilkan penjualan. Karena semakin yakin pula calon konsumen untuk membelinya.

Jangan Mudah Terpancing Emosi, Tetap Ramah Dalam Melayani Konsumen

Terkadang meskipun sudah diberikan penjelasan yang terbilang lengkap di bagian deskripsi produk, tetapi masih banyak pula konsumen yang enggan membacanya. Sehingga meskipun sudah dijelaskan, mereka akan tetap melayangkan pertanyaan yang serupa. Kadang kala kondisi itu membuat penjual malas untuk memberikan penjelasan lagi.

Parahnya lagi kalau cara bertanya mereka cenderung tidak membuat kamu nyaman. Wajar saja kalau emosi mudah sekali terpancing. Namun, dalam kondisi itu janganlah gampang terbawa emosi. Kamu harus tetap sabar dan ramah dalam melayaninya. Jadikanlah hal itu sebagai penguji kemampuan kamu dalam memberikan pelayanan prima kepada semua konsumen.

Kalau kondisi itu berhasil diciptakan, calon konsumen tersebut bisa saja menjadi pelanggan setia. Bahkan dengan sukarela mempromosikannya kepada orang lain. Hal itu karena mereka merasa sangat puas dengan pelayanan yang kamu berikan. Karena memang tidak semua penjual atau pebisnis online bisa memberikan pelayanan yang serupa.   

Selalu Cepat Tanggap Bila Dihubungi Oleh Konsumen

Pelayanan yang fast response sudah pasti sangat disukai oleh para konsumen. Karena tanpa menunggu waktu yang lama, mereka bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan atau bahkan keluhannya. Sapaan hangat, pelayanan yang sangat ramah, dan sabar, sudah pastinya membuat konsumen nyaman. Sehingga mereka pun semakin yakin kalau kamu adalah recomended seller.

Supaya konsumen bisa menghubungi kamu dengan mudah, dan cepat, maka berikan berbagai sarana komunikasi yang sering digunakan. Seperti nomor telepon atau handphone, aplikasi WhatsApp, BBM, LINe, email, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk sarana pengiriman uangnya, sediakan juga beberapa pilihan, seperti BCA, BRI, Bank Mandiri, BNI, dan sebagainya.

Kabarkan Kalau Pesanan Sudah Dikirim Beserta Nomor Resinya

Jika orderan sudah kamu kirim sesuai jasa ekspedisi keinginan konsumen, maka jangan lupa untuk memberikan konfirmasi kalau barang sudah dikirimkan ke penerima dan alamat yang diberikan. Sebagai bukti orderan sudah dikirim, berikan pula nomor resi pengirimannya. Sehingga pelanggan sangat yakin kalau barangnya sudah dikirim. Sekaligus mereka bisa melakukan tracking atas pengiriman tersebut.

Memang tidak semua orang mau melakukan pengecekan sendiri, atas barang pesanan yang sudah dikirimkan tersebut. Oleh karenanya, wajar bila masih saja bertanya kapan barangnya sampai. Terutama kalau estimasi pengiriman melewati dari waktu standarnya. Nah, agar pelanggan merasa terbantu, kamu bisa membantunya dengan melakukan pengecekan status pengirimannya.

Sampaikan berbagai hambatan kenapa pengiriman menjadi lama. Bisa jadi terjadi keterlambatan dari pihak ekspedisinya. Bisa juga karena kegagalan kirim, semisal rumah selalu kosong sehingga petugas pengiriman tidak bisa menyerahkannya kepada penghuni rumah tersebut. Permasalahan lain juga bisa karena alamat yang tidak begitu jelas, dan sebagainya.

Untuk itu, pastikan alamat tujuan pengiriman sangat lengkap. Mulai dari nama jalan, RT dan RW, kelurahan, kecamatan, kabupatan atau kota, provinsi, kode pos, dan juga nomor handphone penerima. Cara itu bisa memudahkan petugas ekspedisi dalam menemukan alamatnya, dan kalau kesulitan bisa menghubungi nomor ponsel yang tertera.

Terkadang kamu tidak bisa memantau apakah produknya sudah terkirim. Karena itu, sampaikan juga agar konsumen memberikan konfirmasi, jika paketnya sudah diterima. 

Biasanya mereka akan memberikan penilaian atas barang yang dibelinya. Nah, hal itu bisa juga dijadikan sebagai testimoni pelanggan. Kalau pun ada feedback negatif, jadikan itu sebagai kritikan membangun. Agar produk dan layanannya semakin bagus di kemudian hari.

Garansi Produk Memberikan Ketenangan Kepada Pelanggan

Saat membeli produk secara online, memang terdapat keterbatasan. Seperti tidak bisa meraba barangnya langsung, mencicipi rasanya, fitting baju seperti membeli di mall atau butik, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat tepat kalau kamu memberikan garansi atas produk yang dibelinya. Cara ini akan semakin menimbulkan kepercayaan terhadap seller-nya.

Kepuasan pelanggan pastinya sangat penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Oleh karena itu, jangan pernah melupakan faktor tersebut. Pelanggan adalah aset yang sangat tak ternilai harganya. Jadi setidaknya lakukan berbagai tips di atas, demi keberhasilan bisnisnya. Pastinya masih ada berbagai cara tepat yang dapat dilakukan, yang bisa disesuaikan dengan bisnis yang digeluti.

Agar bisa berbisnis di dunia maya berbagai cara bisa dilakukan. Seperti menciptakan produk sendiri, menjadi reseller, drophipper, mengikuti program afiliasi, dan sebagainya. Nah, kamu bisa menentukan sendiri, produk dan cara yang dilakukan.

Salah satunya dengan menjadi reseller, dan drophipper produk kerajinan kulit custom. Aneka produk seperti gelang, gantungan kunci, magnet kulkas, kalung, dompet STNK, pengait kabel, dan sebagainya bisa menjadi komoditi bisnis, yang mendatangkan keuntungan sangat menggiurkan.

Apalagi beragam produk kerajinan kulit tersebut bisa dibuat secara custom. Jadi pelanggan bebas menentukan bagian yang boleh dicustom. Dengan begitu, produknya sangat personal, dan tiada duanya. Bagaimana cara menjadi mitra bisnis tersebut, kamu bisa langsung hubungi admin melalui 0896-7408-7899 (Call/SMS/WA).