Mau Memulai Bisnis Online? Apa Saja yang Semestinya Dipahami?

Kemajuan teknologi dan internet membuka peluang bisnis online semakin lebar. Potensinya sangat besar, sehingga mengantongi profit jutaan rupiah di setiap bulannya bukanlah hal yang mustahil. Pastinya kalau dijalankan dengan benar, dan konsisten. Nah, kalau kamu ingin memulai menjalankan usaha secara online, apakah yang semestinya harus dipahami?

Pilihlah Produk Bisnis yang Laris Manis

Bagaimana cara mengetahui kalau sebuah produk bisa diterima di pasaran, sehingga barang tersebut bisa selalu laris manis? Pastinya dengan melakukan riset atau survei. Kamu bisa mencarinya dengan mengakses Google, berbagai marketplace terpercaya seperti Bukalapak, Tokopedia, Qlapa, Shopee, dan Heritage. Kamu bisa menyimak seberapa besar penjulalan yang terjadi.

Nah, kalau sudah memahami kondisi pasar tersebut, tentunya sangat membantu kamu menentukan produk bisnisnya. Kalau belum bisa memproduksinya sendiri, jangan khawatir! 

Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper. Tapi harus dipastikan kalau produsennya sudah sangat profesional, dan terpercaya. Pastinya dalam pemilihan tersebut pun harus kembali melakukan riset.

Sebagai salah satu pilihan bisnis online, yang tengah booming dan diyakini tak ada matinya adalah berbagai produk kerajinan kulit custom. Keunikan dari kerajinan tersebut adalah penggunaan material utamanya berupa kulit sapi asli. 

Kemudian harga jualnya yang relatif terjangkau, dengan proses pembuatan terbilang cepat. Uniknya lagi kamu bisa membuatnya secara custom, sehingga produknya sangat personal dan tidak pasaran.

Supaya bisa memesan produk kerajinan kulit custom tersebut pun, tidak harus dalam kuantiti sangat banyak. Karena biasanya produsen tidak menetapkan batasan minimal order. Jadi bisa pesan meskipun hanya satu biji saja. Fleksibilitas tersebut pastinya mendukung kemudahan dalam menjalankan bisnisnya.

Bikin Sendiri atau Jadi Reseller?

Jika kamu memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk sendiri, pastinya menjadi nilai lebih. Namun, kalau belum bisa tidak perlu khawatir! Karena ada cara lain yang bisa ditempuh, agar tetap bisa mendapatkan penghasilan dari dunia maya. Salah satunya dengan menjadi reseller. Sebelum memulainya, pastikan sudah mendapatkan rekomendasi produsen tepercaya.

Nah, kalau kamu ingin menyasar konsumen kalangan muda, berbisnis kerajinan kulit custom adalah pilihan yang sangat tepat. Beragam produk sudah tersedia di pasaran, seperti gelang kulit, magnet kulkas, gantungan kunci, dompet STNK, kalung kulit, dan sebagainya. Karena bisa dibuat secara custom, maka peminatnya pun sangat besar.

Salah satu rekomendasi pengrajin atau produsen kerajinan kulit custom, yang sangat profesonal dan sangat terpercaya adalah Deiye Craft. Produsen ini berada di daerah Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kawasan tersebut memang dikenal sebagai sentra kerajinan kulit sapi berkualitas. Deiye Craft sudah sangat berpengalaman dalam melayani orderan dari seluruh Indonesia. Kontak admin melalui 0896-7408-7899(Call/SMS/WA).

Jangan Berhenti Belajar

Kalau bisnis online adalah dunia baru bagi kamu, tentunya harus membekali diri dengan pengetahuan memadai. Sebelum memutuskan untuk terjun menjalankan bisnisnya. Tujuannya guna mengenal dunia bisnis online dengan lebih baik. Dengan menyimak berbagai penjelasan, tips berbisnis online, dan perkembangannya.

Semakin banyak wawasan yang dimiliki, pastinya kamu bisa menekuni bisnis ini dengan lebih tepat. Dengan begitu, bisa mendatangkan keuntungan atau profit yang sesuai dengan harapan. Kamu bisa lebih hemat waktu, tenaga, pikiran dan uang. Sangat berbeda kalau kamu menjalankan bisnisnya tanpa keilmuwan apa pun. Sudah buang banyak waktu, tapi hasilnya mengecewakan.

Untuk itu, kamu bisa mengikuti berbagai seminar bisnis, membaca buku atau e-book, menyimak berbagai tips bisnis di berbagai situs online tepercaya, dan sebagainya. Berkumpul dengan banyak pebisnis, melalui komunitas online juga sangat tepat dilakukan. Kamu bisa berbagi dan mendapatkan banyak pengetahuan baru. Bahkan bisa juga pelanggan baru.

Manfaatkan Aset dan Modal Secara Optimal

Agar bisa memulai bisnis di dunia maya, pada dasarnya tidak diperlukan modal uang sangat besar. Teknologi pendukung yang bisa digunakan juga relatif sederhana, dan sebagian orang sudah memilikinya untuk penggunaan pribadi. Sebagai contoh smartphone yang selama ini hanya digunakan untuk keperluan komunikasi pribadi, bisa dimanfaatkan sebagai sarana berbisnis.

Jadi tidak perlu menambah gadget baru untuk media berbisnis online. Meskipun kalau kamu punya dana lebih boleh saja membeli perangkat baru. Untuk kebutuhan modal uang sangat relatif, tergantung dari produk yang kamu pasarkan. Tetapi secara umum, tidak diperlukan modal sangat besar seperti saat menjalankan bisnis konvensional.

Agar menekan kebutuhan biaya promosi dan pemasaran, kamu bisa membuat blog tak berbayar, menjajakan produk di berbagai marketplace tepercaya, berjualan di aplikasi ponsel seperti LINE, WhatsApp, BBM, dan lain sebagainya. Semuanya bisa diakses secara gratis, hanya bermodalkan kuota internet saja.

Pentingkah Membuat Toko Online Berbayar?

Mengeluarkan banyak uang untuk menjalankan bisnis online, biasanya dihindari oleh pemula.  Karena memang belum merasakan keuntungan yang signifikan. Hal itu sangat wajar, salah satunya untuk membuat website atau toko online dengan domain dan hosting berbayar. Kamu tidak harus langsung membangun situs profesional, kecuali kalau sudah tersedia dananya.

Alternatif lain adalah dengan membuat toko online melalui blog gratisan. Tujuan pembuatan website dan blog adalah untuk penyaji informasi lengkap mengenai produk yang kamu pasarkan. 

Karena meskipun sudah memasarkan melalui berbagai marketplace, dan media sosial, keberadaan toko online masih penting. Selain mendukung bisnis, juga sekaligus mengenalkan dan meningkatkan brand produknya.

Kalau branding-nya sudah dikenal oleh masyarakat, maka memudahkan konsumen menemukan produknya. Selain itu, mereka pun akan lebih mudah mengenali, dan mengingatnya. Jika menggunakan toko online sendiri, maka kamu lebih bebas dalam menerapkan berbagai kebijakan, promosi, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa poin penting kala kamu akan memulai bisnis secara online. Tentunya masih ada beragam kebutuhan penting lainnya, yang bisa diterapkan agar mendukung kelancaran bisnisnya. 

Simaklah berbagai panduan atau tips dan trik berbisnis online melalui berbagai website tepercaya. Guna menambah pengetahuan kamu dalam berbisnis online. Semakin banyak keilmuwan yang dikuasai, sudah pasti akan berdampak sangat positif bagi profit bisnisnya.